Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Hots pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 6 Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9503Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembaharuan kurikulum yaitu kurikulum 2013, dimana salah satu penyempurnaan kurikulum 2013 terletak pada standar penilaian, dengan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik atau lebih dikenal dengan sebutan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui kondisi pelaksanaan penilaian PAI dan Budi Pekerti di SMAN 6 Padang, 2) mengembangkan instrumen asesmen berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, dan 3) mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh instrumen asesmen berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah 30 peserta didik dari kelas X Mipa 2 SMAN 6 Padang pada tahun ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan instrumen asesmen berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X dengan materi di semester 1. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket validasi, dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanan penilaian PAI dan Budi Pekerti pada kelas X di SMAN 6 Padang belum menerapkan soal HOTS, 2) pengembangan instrumen asesmen berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dikembangkan berdasarkan prosedur penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiono terdiri dari sepuluh langkah dan berhenti pada langkah ketujuh, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. 3) hasil analisis kualitas produk diperoleh: a) hasil analisis validasi menunjukkan 41 soal valid dan 9 soal tidak valid, b) hasil analisis reliabilitas adalah 0,83 dengan kategori sangat tinggi, c) hasil analisis tingkat kesukaran menunjukkan persentase mudah 30%, sedang 66% dan sukar 4%, d) hasil analisis daya beda menunjukkan persentase baik 6%, cukup 60%, dan jelek 34%, dan e) hasil analisis efektivitas pengecoh menunjukkan persentase diterima atau pengecoh baik 64%, revisi atau pengecoh kurang baik 20% dan sedangkan, ditolak atau pengecoh tidak baik 16%.Downloads
Published
2022-11-30
How to Cite
Maulina, W. . (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Hots pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 6 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7317–7326. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9503
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Winda Maulina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).