Disaster Literation To Mitigate Nature Catastrophe In Early Childhood
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9483Abstract
Bencana diantaranya termasuk bencana longsor, perubahan iklim, bencana banjir dan bencana akibat gempa bumi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan upaya-upaya atau mitigasi bencana pada anak usia dini sehingga siaga menghadapi bencana. Mitigasi termasuk upaya literasi bencana dalam peningkatan pengetahuan, kesadaran dan kegiatan nyata untuk membangun perilaku tanggap terhadap bencana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literature dengan menemukan literature pada berbagai jurnal dan buku. Sementara penelitian ini juga menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan termasuk menggunakan buku bergambar yang memuat tentang kebencaanaan. Sifat dari gambar yang ada didalam buku yaitu harus menarik sehingga anak usia dini tertarik sehingga tumbuh perilaku sadar bencana. Kedua, mitigasi melalui video dimana anak secara langsung bisa melihat kejadian pada video sehingga menstimulasi pemahaman anak akan bencana. Ditambah dengan pembelajaran sain yang berkaitan dengan bencana sehingga anak memahami proses terjadi bencana dan meningkatkan kesiagaan anak karena mulai sadar dengan kejadian yang sedang diamati serta baha yang ditimbulkan.Downloads
Published
2022-11-29
How to Cite
Bahagia, B., Muniroh, L. ., Halim, A. K. ., Wibowo, R. ., & Al-Wahid, M. A. . (2022). Disaster Literation To Mitigate Nature Catastrophe In Early Childhood. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7207–7214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9483
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Bahagia, Leni Muniroh, Abdul Karim Halim, Rimun Wibowo, M. Azhar Al-Wahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









