Analisis Dampak Keluarga Berpisah Terhadap Karakter Anak Dan Minat Belajar Di Bulu Kelurahan Manarang Kecamatan Mattiro Bulu Kab. Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9434Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana dampak keluarga berpisah terhadap karakter anak, 2) bagaimana dampak keluarga berpisah terhadap minat belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan pada penelitian ini sebanyak 11 informan yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perpisahan orang tua memberikan dampak positif dan juga negatif kepada anak. 2) dampak perpisahan orang tua terhadap minat belajar anak yang Pertama, Beberapa anak-anak yang ada di lingkungan bulu merasa kesepian dan tidak diperhatikan, mereka mengatakan bahwa orang tuanya hanya sebatas bertanya tanpa memberikan arahan ataupun perhatian lebih sehingga mereka terkadang merasa kesepian dan hanya tinggal bersama nenek, dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja. Hal ini membuat anak tidak memiliki motivasi belajar karena tidak mendapat dukungan dari orang tua. Kedua, tidak semua anak-anak yang orang tuanya berpisah mengalami masalah pada minat belajarnya, bahkan beberapa dari mereka justru menjadi lebih fokus dan bersemangat pada proses belajar dan mengajar. Mereka mengatakan bahwa ia tetap fokus untuk menggapai cita-citanya dan ingin membahagiakan orang tuanya.Downloads
Published
2022-11-28
How to Cite
Arham, M. ., Agustang, A. ., & Syukur, M. . (2022). Analisis Dampak Keluarga Berpisah Terhadap Karakter Anak Dan Minat Belajar Di Bulu Kelurahan Manarang Kecamatan Mattiro Bulu Kab. Pinrang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6989–6995. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9434
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mutmainnah Arham, Andi Agustang, Muhammad Syukur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).