Peranan Guru dalam Pelaksanaan Shalat Jama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9384Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang berperannya guru dalam pelaksanaan shalat berjama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, oleh karena itu siswa masih ada yang bermain-main saat jam pelaksanaan shalat berjama’ah dan bahkan ada siswa yang tidak mengikuti pelaksanaan shalat berjama’ah di masjid sekolah. Contohnya saat bel untuk shalat berjama’ah berbunyi siswa tersebut tidak ke masjid sekolah akan tetapi siswa tersebut berbelok kea rah kedai yang ada di sekitar sekolah dan bahkan juga ada yang pulang ke rumah nya untuk makan dan shalat sendiri di rumah. Maksud dari judul ini ialah penelitian menjelaskan bagaimana peranan guru dalam pelaksanaan shalat berjama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan. Penelitian ini yang bersifat penelitian lapangan, (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dalam Penelitian ini penulis menggambarkan masalah dilapangan sesuai dengan fakta-fakta yang penulis temukan dilapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan Peranan Guru Dalam Pelaksanaan Shalat Berjama’ah Di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan informan yang berkaitan dengan Pelaksanaan Shalat Berjama’ah. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan (1) Pengawasan guru terhadap pelaksanaan shalat berjama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, ialah kurangnya pengawasan dari guru sehingga ada siswa yang tidak melaksanakan shalat berjama’ah di masjid sekolah. (2) Pengamatan guru terhadap pelaksanaan shalat berjama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, ialah sangat kurang pengamatan guru sehingga masih ada siswa yang bermain-main saat shalat berjama’ah di masjid sekolah. (3) Keteladanan guru terdahap pelaksanaan shalat berjama’ah siswa di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, ialah belum ada yang bisa memberikan keteladanan dalam pelaksanaan shalat berjama’ah dikarenakan guru-guru sangat jarang mengikuti shalat berjama;ah bersama dengan siswa di masjid sekolah. (4) Hukuman terhada yang tidak melaksanakan shalat ber’ama'ah di MAS Tarniyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, hukuman yang diberikan kepada siswa yang tidak melaksanakan shalat berjama’ah kurang memberikan efek jera kepada yang melanggar sehingga siswa masih ada rasa ingin untuk mengulangi kesalahan dan tidak melaksanakan shalat berjama;ah di masjid sekolah lagi.Downloads
Published
2022-11-27
How to Cite
Putri, I. S. ., & Fauzan, F. (2022). Peranan Guru dalam Pelaksanaan Shalat Jama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6770–6779. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9384
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Indah Sahayu Putri, Fauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).