Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru dan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri Magepanda
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9364Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 di SMA Negeri Magepanda (2) mengetahui apakah Kompetensi Pedagogik Guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 di SMA Negeri Magepanda; (2 mengetahui apakah Sarana Prasarana berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 di SMA Negeri Magepanda; (3) mengetahui motivasi belajar, Kompetensi Guru dan Sarana Prasarana berpengaruh secara bersamaan dalam meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas X1 di SMA Negeri Magepanda. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Negeri Magepanda berjumlah 55 siswa. Karena populasinya terbatas, maka penelitian ini dilakukan probability sampling. Data dikumpulkan melalui quisioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji F dan Uji t. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel prestasi belajar, sarana prasarana, kompetensi pedagogik dikategorikan baik. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi belajar, kompetensi pedagogik dan sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil statistik uji F menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil analisis determinasi menujukan ketiga variabel bebas dalam penelitian ini mampu menjelaskan terhadap variasi naik turunnya Prestasi Belajar SMA Negeri Magepanda sebesar 36.5%.Downloads
Published
2022-11-26
How to Cite
Yulianti, M. ., & Koten, F. B. I. . (2022). Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru dan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri Magepanda. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6622–6634. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9364
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Margaretha Yulianti, Familia Bala Ina Koten
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).