Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Promlem Base Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Mitigasi Gempa Bumi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9354Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja mahasiswa berbasis problem base learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran mitigasi gempa bumi yang layak digunakan. Pendekatan STEM merupakan pendekatan yang menggabungkan empat aspek ilmu yaitu sain, teknologi, teknik dan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari empat tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations. Tahap penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (develop). Produk yang dikembangkan yaitu Lembar Kerja Mahasiswa. Kelayakan lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan dilihat dari hasil validasi oleh tiga ahli yang di hitung dengan validitas dan realiabelitas lembar kerja mahasiswa. Selanjutnya dilakukan penyebaran angket respon pada 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli menunjukkan bahwa hasil pengembangan lembar kerja mahasiswa memiliki kriteria sangat valid dan reliabel. Hasil respon mahasiswa menunjukkan respon sangat baik sehingga, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja mahasiswa yang telah dikembangkan berbasis problem base learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi layak digunakan dalam pembelajaran.Downloads
Published
2022-11-26
How to Cite
Deansikutari, R. ., Kosim, K., & Mhkrus, M. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Promlem Base Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Mitigasi Gempa Bumi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6568–6573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9354
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Riri Deansikutari, Kosim, Muh Mhkrus
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).