Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Promlem Base Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Mitigasi Gempa Bumi

Authors

  • Riri Deansikutari Universitas Mataram
  • Kosim Kosim Universitas Mataram
  • Muh Mhkrus Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja mahasiswa berbasis problem base learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran mitigasi gempa bumi yang layak digunakan. Pendekatan STEM merupakan pendekatan yang menggabungkan empat aspek ilmu yaitu sain, teknologi, teknik dan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari empat tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations. Tahap penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (develop). Produk yang dikembangkan yaitu Lembar Kerja Mahasiswa. Kelayakan lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan dilihat dari hasil validasi oleh tiga ahli yang di hitung dengan validitas dan realiabelitas lembar kerja mahasiswa. Selanjutnya dilakukan penyebaran angket respon pada 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli menunjukkan bahwa hasil pengembangan lembar kerja mahasiswa memiliki kriteria sangat valid dan reliabel. Hasil respon mahasiswa menunjukkan respon sangat baik sehingga, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja mahasiswa yang telah dikembangkan berbasis problem base learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Deansikutari, R. ., Kosim, K., & Mhkrus, M. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Promlem Base Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Mitigasi Gempa Bumi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6568–6573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9354