Kesiapan Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Rote Ndao

Authors

  • Ezra Tari Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Hendrik A.E. Lao Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Martin Ch. Liufeto Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Lanny I.D. Koroh Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9320

Abstract

Salah satu bentuk pembangunan pendidikan nasional adalah perubahan kurikulum. Perkembangan terakhir adalah kurikulum mandiri. Perubahan kurikulum ini ditengarai mengabaikan efisiensi maksimal siswa dalam  belajar. Oleh karena itu penelitian ini berfokus untuk mengkaji implementasi kurikulum otonom di SD GMIT Kabupaten Rote Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 responden. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kesiapan sekolah untuk mengimplementasikan kurikulum mandiri di sekolah GMIT di Kecamatan Rote Ndao Kabupaten Rote  Barat berada pada level yang cukup siap beraksi. Hal ini disebabkan faktor sosialisasi yang masih kurang pemahaman guru, dukungan referensi dan persiapan kurikulum merdeka yang kurang.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Tari, E. ., Lao, H. A. ., Liufeto, M. C. ., & Koroh, L. I. . (2022). Kesiapan Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Rote Ndao. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6469–6475. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9320