Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Prestasi Siswa MA Hasanah Pekanbaru

Authors

  • Artia Br Munthe Universitas Riau
  • Almasdi Syahza Universitas Riau
  • Sri Kartikowati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9319

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal guru dengan siswa dengan prestasi belajar siswa MA Hasanah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah korelasional asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 84 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu sample jenuh atau sensus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel komunikasi interpersonal guru dan nilai ujian akhir semester untuk variabel prestasi belajar. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi pearson product moment. Terdapat hubungan komunikasi interpersonal guru dengan prestasi belajar siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,346 bertanda positif. Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal guru dan prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Munthe, A. B. ., Syahza, A. ., & Kartikowati, S. . (2022). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Prestasi Siswa MA Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6463–6468. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9319