Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Timss Pada Materi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9295Abstract
Penelitian ini membahas mengenai analisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal TIMSS pada materi aljabar dengan tujuan untuk menggambarkan sejauh mana kemampuan bernalar siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematika pada materi aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek siswa kelas VIII sebanyak 6 siswa yang berdomisili di Kabupaten Bekasi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak satu soal yang diadopsi dari soal TIMSS 2011 yang berasal dari framework TIMSS International yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan menganalisis jawaban siswa untuk mengukur tingkat kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan lembar jawaban yang telah dikerjakan dan diberikan siswa, lalu dilakukan analisis sesuai dengan pedoman penskoran TIMSS. Dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian pada kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS diperoleh pada kategori sangat baik terdapat 1 siswa yang mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis dengan persentase sebesar 16,66%, pada kategori baik terdapat 1 siswa dengan persentase sebesar 16,66%, kategori cukup terdapat 2 siswa dengan persentase sebesar 33,36%, kategori buruk terdapat 1 siswa dengan persentase sebesar 16,66%, dan kategori sangat buruk terdapat 1 siswa dengan persentase sebesar 16,66%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dalam penelitian ini termasuk ke dalam kategori cukup.Downloads
Published
2022-11-24
How to Cite
Ramadhanti, M. I. ., & Marlina, . R. . (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Timss Pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6326–6333. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9295
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Meliana Ivana Ramadhanti1, Rina Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).