Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada SMA Negeri 1 Elar Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur

Authors

  • Leonardus Jafar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9273

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Elar yang berjumlah 27 orang. Sedangkan cara pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan catatan lapangan. Analisis data yangdikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil observasi kompetensi motivasi kerja guru yang dikumpulkan melalui angket sedangkan data kualitatif berupa hasil catatan lapangan. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya motivasi kerja guru di SMA Negeri 1 Elar.Pelaksanaan penelitian ini dikembangkan sebatas pada masalah bentuk-bentuk dan proses pelaksanaan pemberian supervisi akademik oleh kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi kerja guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan intensitas motivasi kerja guru melalui pelaksanaan supervisi akademik pada guru di SMA Negeri 1 Elar tahun 2018.Hasil penelitian membuktikan bahwa, jumlah skor penilaian pada prasiklus sebesar 437 dengan rata-rata 67,43 kategori cukup, pada siklus I, jumlah skor meningkat menjadi 498 dengan rata-rata 77 kategori baik, dan pada siklus II kembali meningkat dengan jumlah skor pada siklus II sebesar 578 dengan rata-rata 89 kategori amat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan motivasi kerja guru SMA Negeri 1 Elar.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Jafar, L. . (2022). Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada SMA Negeri 1 Elar Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6176–6184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9273