Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada SMA Negeri 1 Elar Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9273Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Elar yang berjumlah 27 orang. Sedangkan cara pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan catatan lapangan. Analisis data yangdikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil observasi kompetensi motivasi kerja guru yang dikumpulkan melalui angket sedangkan data kualitatif berupa hasil catatan lapangan. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya motivasi kerja guru di SMA Negeri 1 Elar.Pelaksanaan penelitian ini dikembangkan sebatas pada masalah bentuk-bentuk dan proses pelaksanaan pemberian supervisi akademik oleh kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi kerja guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan intensitas motivasi kerja guru melalui pelaksanaan supervisi akademik pada guru di SMA Negeri 1 Elar tahun 2018.Hasil penelitian membuktikan bahwa, jumlah skor penilaian pada prasiklus sebesar 437 dengan rata-rata 67,43 kategori cukup, pada siklus I, jumlah skor meningkat menjadi 498 dengan rata-rata 77 kategori baik, dan pada siklus II kembali meningkat dengan jumlah skor pada siklus II sebesar 578 dengan rata-rata 89 kategori amat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan motivasi kerja guru SMA Negeri 1 Elar.Downloads
Published
2022-11-24
How to Cite
Jafar, L. . (2022). Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada SMA Negeri 1 Elar Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6176–6184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9273
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Leonardus Jafar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).