Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9231Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True-eksperimen jenis Design Posttest Only Control Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA N 5 Buru sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 2 kelas, akan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes post-test berupa jawaban dari soal uraian berjumlah lima soal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh uji Normalitas sebesar 0,002 jika dirumuskan 0,002 kurang dari 0,05 maka data tidak berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji Mann Whitney menunjukan taraf signifikansi 0,004 kurang dari 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning lebih baik diterapakan dari pada pembelajaran konvensional.Downloads
Published
2022-11-22
How to Cite
Magfirah, I. ., Ode, R. ., & Kasriana, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5929–5939. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9231
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irma Magfirah, Rasid Ode, Kasriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).