Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Irma Magfirah Universitas Iqra Buru
  • Rasid Ode Universitas Darussalam
  • Kasriana Kasriana Universitas Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9231

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True-eksperimen jenis Design Posttest Only Control Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA N 5 Buru sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 2 kelas, akan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes post-test berupa jawaban dari soal uraian berjumlah lima soal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh uji Normalitas sebesar 0,002 jika dirumuskan 0,002 kurang dari 0,05 maka data tidak berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji Mann Whitney menunjukan taraf signifikansi 0,004 kurang dari 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning lebih baik diterapakan dari pada pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Magfirah, I. ., Ode, R. ., & Kasriana, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5929–5939. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9231