Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan

Authors

  • Sulasmi Sulasmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Indra Prasetia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Salim Aktar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9217

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa selaku pelanggan dalam layanan akademik yang diberikan oleh STIM Sukma Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner elektronik (Google form) kepada responden melalui WhatsApp Group (WAG). Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan persamaan regresi linier berganda. Analisis faktor juga diterapkan untuk melihat faktor-faktor yang terbentuk berdasarkan kesamaan jawaban dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian memiliki R2 sebesar 0,840 atau 84%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan sebesar 84% oleh variabel independen, yaitu ketersediaan sarana prasarana, keandalan dan responsif, empati, dan jaminan. Sedangkan 16% variasi kepuasan mahasiswa dijelaskan oleh variabel di luar model penelitian ini. Uji parsial pada regresi berganda menunjukkan bahwa variabel jaminan memberikan kontribusi terbesar dalam mewujudkan kepuasan mahasiswa dengan nilai t-hitung 8,196 dan signifikansi 0,000. Sedangkan variabel empati terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan t-hitung 0,279 lebih kecil dari t-tabel 2,616 dan diperoleh nilai signifikansi 0,781 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Sulasmi, S., Prasetia, . I. ., & Aktar, S. . (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5840–5848. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9217