Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9217Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa selaku pelanggan dalam layanan akademik yang diberikan oleh STIM Sukma Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner elektronik (Google form) kepada responden melalui WhatsApp Group (WAG). Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan persamaan regresi linier berganda. Analisis faktor juga diterapkan untuk melihat faktor-faktor yang terbentuk berdasarkan kesamaan jawaban dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian memiliki R2 sebesar 0,840 atau 84%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan sebesar 84% oleh variabel independen, yaitu ketersediaan sarana prasarana, keandalan dan responsif, empati, dan jaminan. Sedangkan 16% variasi kepuasan mahasiswa dijelaskan oleh variabel di luar model penelitian ini. Uji parsial pada regresi berganda menunjukkan bahwa variabel jaminan memberikan kontribusi terbesar dalam mewujudkan kepuasan mahasiswa dengan nilai t-hitung 8,196 dan signifikansi 0,000. Sedangkan variabel empati terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan t-hitung 0,279 lebih kecil dari t-tabel 2,616 dan diperoleh nilai signifikansi 0,781 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05.Downloads
Published
2022-11-22
How to Cite
Sulasmi, S., Prasetia, . I. ., & Aktar, S. . (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5840–5848. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9217
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sulasmi, Indra Prasetia, Salim Aktar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).