Urgensi Pendidikan Islam Ditengah Degradasi Moral
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9178Abstract
Degradasi moral hampir menjangkit kesemua lapisan masyarakat, baik masyarakat berpendidikan. Nilai moralitas haruslah ada pada setiap diri individu karena hal tersebut akan menentukan bagaimana seseorang bertingkah laku. Pendidikan memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia, darinya tersingkap segala kebaikan, nilai-nilai luhur dan kemanfaatan. Nilai moralitas haruslah ada pada setiap diri individu karena hal tersebut akan menentukan bagaimana seseorang bertingkah laku. Krisis moral yang tengah terjadi di Indonesia ini cukup banyak. Untuk mengatasi degradasi moral ada upaya yang harus dilakukan yaitu salah satunya dengan menanamkan pendidikan karakter di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sedini mungkin. Hal ini penting dilakukan karena apabila tidak ada pembiasaan sedini mungkin, akan sangat sulit menanamkan karakter positif ketika ia beranjak dewasa. Pendekatan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian literatur, yaitu pendekatan kepustakaan dengan mengkaji buku, jurnal, dan sumber-sumber lain yang relavan. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memperoleh gambaran seutuhnya mengenai suatu hal menurut pandangan manusia yang diteliti.. Pendidikan Islam memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusiaSecara akumulatif sebab-sebab demoralisasi yang terjadi pada peserta didik walau beragam sebab namun bisa kita fahami berasal dari satu unsur, yaitu “kejujuran yang tergadaikan”, karena setiap manusia dalam fitrahnya memiliki hati nurani yang tidak akan pernah berbohong dalam setiap sikap dan perbuatannya, sehingga ia mampu melakukan kejahatan disebabkan oleh sikap jujur yang tidak dipergunakan. Rahasia dibalik sikap jujur adalah bahwa kejujuran melibatkan kesadaran bathiniah, qauliah dan fi’liah, dan ketiganya merupakan poros tempat bersemayamnya ajaran Allah dan acuan kebenaran manusia dalam beribadah, jika seseorang mampu memadukan tiga poros utama pribadinya dia akan tumbuh menjadi pribadi anggun, santun dan menawan setiap mata yang melihatnya.Downloads
Published
2022-11-21
How to Cite
Habib, A., & Muslihun, M. (2022). Urgensi Pendidikan Islam Ditengah Degradasi Moral. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5700–5707. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9178
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 A.Habib, Muslihun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).