Studi Pendekatan Interaksi Sosial dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Tunas Unggul Bandung

Authors

  • Ujang Maulana Yusup Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) konsep pembelajaran seni tari melalui pendekatan interaksi sosial, (2) faktor pendukung dalam pembelajaran seni tari melalui pendekatan interaksi sosial, (3) upaya pendekatan interaksi sosial dalam pembelajaran seni tari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Tunas Unggul Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari siswa kelas VII, yang mempunyai sampel 15 siswa. Data dalam penelitian ini berupa keterampilan menari siswa yang dikumpulkan dengan lembar observasi untuk kerja keterampilan menari dikumpulkan dengan teknik wawancara, dan studi pustaka sebagai instrument untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat interaksi sosial dalam konsep pembelajaran seni tari, terdapat perdedaan setelah menggunakan faktor pendukung dalam pembelajaran seni tari seperti indentifikasi, imitasi, simpati, sugesti, empati, (3) peningkatan yang signifikan setelah menggunakan pendekatan interaksi sosial dalam pembelajaran seni tari.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Yusup, U. M. . (2022). Studi Pendekatan Interaksi Sosial dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Tunas Unggul Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5694–5699. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9177