Pengaruh Aplikasi Duolingo Terhadap Peningkatan Kosakata (Wortschatz) Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9144Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kosakata Peserta Didik kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar sebelum dan setelah menerapkan media pembelajaran Duolingo dan untuk mengetahui perbedaan hasil pengetahuan kosakata Peserta Didik kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar sebelum dan setelah menerapkan media pembelajaran Duolingo. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan jenis quasi eksperimental menggunakan desain The One-Grup Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta Didik kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar dengan sampel yang berjumlah 39 Peserta Didik. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik tes yang diperoleh dari soal pilihan berganda. Penggunaan Duolingo dalam penelitian ini melalui tahap pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil hipotesis yang diuji dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya peningkatan kosakata Peserta Didik sebelum dan setelah diterapkannya media pembelajaran Duolingo. Hasil penilaian tes Peserta Didik pada pretest atau sebelum diterapkannya media pembelajaran mencapai rata-rata 45,78 pada kategori kurang. Hasil penilaian tes Peserta Didik pada posttest atau setelah diterapkannya media pembelajaran Duolingo terjadi peningkatan mencapai 87,79 pada kategori baik, maka dari itu berdasarkan hasil prettest dan posttest terdapat perbedaan hasil peningkatan kosakata Peserta Didik kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar sebelum dan sesudah menerapkan media pembelajaran Duolingo. Berdasarkan analisis data keterampilan menulis puisi Peserta Didik pada pretest dan posttest maka diperoleh thitung = 12,01 pada taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95 %) pada df= 38 diperoleh ttabel = 1,686. Maka thitung = 12,01 > ttabel = 1,686, sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kosakata Peserta Didik sebelum dan sesudah menerapkan media pembelajaran Duolingo.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Purba, M. S. ., Simanjuntak, T. A. ., & Hutagalung, I. S. R. . (2022). Pengaruh Aplikasi Duolingo Terhadap Peningkatan Kosakata (Wortschatz) Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5467–5476. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9144
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mega Selvia Purba, Tarida Alvina Simanjuntak, Insenalia S. R. Hutagalung
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).