Penerapan Change Management untuk Penguasaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9051Abstract
Penerapan kurikulum merdeka belajar pada dasarnya merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Namun demikian, upaya ini pada kenyataan aktualnya seringkali terbentu dengan kemampuan guru yang masih kurang dalam penguasaan berbagai prinsip dalam kurikulum merdeka belajar itu sendiri. Persoalan yang ditemukan adalah bahwa sebagian besar guru belum memiliki pemahaman yang utuh tentang kurikulum merdeka belajar, guru juga belum menyusun RPP dengan kaidah dan prinsip yang mengacu pada kebijakan merdeka belajar, guru juga belum sepenuhnya bisa mengelola muatan lokal dalam berbagai metode yang terintegrasi. Untuk mengatasi persoalan rendahnya penguasaan guru terhadap kurikulum merdeka belajar tersebut, Kepala Sekolah berinisiatif untuk mengambil tindakan berupa penerapan kegiatan change management. Studi ini merupakan hasil dari penelitian tindakan sekolah yang dilakukan oleh penulis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan mengacu pada model penelitian tindakan dari Kemmis & McTaggart yang memiliki empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis yang digunakan pertama adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis interaktif. Sementara instrumen penelitian yang digunakan adalah: peneliti, tes, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan change management memiliki peran positif terhadap peningkatan kemampuan menguasai kurikulum merdeka belajar di kalangan guru, khususnya terkait kemampuan mereka dalam menyusun RPP yang efektif dan berorientasi pada belajar peserta didik, melaksanakan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, ataupun menerapkan asesmen pembelajaran mandiri, sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum merdeka belajar. Penerapan tindakan change management ini mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai kurikulum merdeka belajar di lingkungan SDN 131 Cijawura. Hal ini tercermin dari berbagai aspek penguasaan kurikulum merdeka belajar yang sudah disusun oleh peneliti sebelumnya. Pencapaian skor rata-rata sebesar 71,06 pada pra tindakan dengan persentase keberhasilan sebesar 27,78%, meningkat menjadi skor rata-rata sebesar 81,06 dan dengan persentase keberhasilan sebesar 83,33% pada Siklus I, untuk meningkat lagi menjadi skor rata-rata sebesar 91,28 dengan persentase keberhasilan sebesar 100% pada siklus II.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Puspita, A., Suryani, N. ., Yuni, A. S. ., & Khairunnisa, S. H. A. . (2022). Penerapan Change Management untuk Penguasaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5007–5015. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9051
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aan Puspita, Nani Suryani, Anisa Sriwandita Yuni, Siti Hana Adlina Khairunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).