Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) sebagai Upaya Efektif Meningkatkan Kinerja Sekolah

Authors

  • Iin Inayah Universitas Islam Nusantara
  • Siti Halimah Universitas Islam Nusantara
  • Yeni Suhaeni Universitas Islam Nusantara
  • Ria Restu Ramadhanty Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9050

Abstract

Manajeman Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MBS) adalah model manajemen yang awalnya dikembangkan oleh Amerika Serikat, disana dikenal antara lain dengan sebutan School Based Management (SBM). Indonesia mengembangkannya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Pemberlakuan MBS sejalan dengan kebijakan desentralisasi pendidikan memberikan otonomi pengelolaan kepada sekolah. Dalam MBS sekolah dituntut untuk bertanggung jawab optimal sesuai kewenangannya, memberikan pelayanan terbaik pada semua pihak berkepentingan internal dan eksternal berdasarkan standar yang berlaku, sehingga dapat mencapai keunggulan baik dalam proses perencanaan dan pelaksanaan maupun hasilnya. Sekolah diberi keleluasaan untuk profesional dalam pengelolaan, yakni menciptakan pemerataan pendidikan, partisipasi masyarakat, kepemimpinan demokratis, efisiensi anggaran, efektivitas kinerja, dan prestasi siswa.  

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Inayah, I., Halimah, S. ., Suhaeni, Y. ., & Ramadhanty, R. R. . (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) sebagai Upaya Efektif Meningkatkan Kinerja Sekolah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4999–5006. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9050