Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Indonesia Playschool

Authors

  • Diana Natalia Universitas Pancasakti
  • Lia Kurniawaty Universitas Pancasakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9049

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang kegiatan Peningkatan Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Indonesia Playschool Pendekatan Penelitian adalah Tindakan kelas,Subjek Penelitian sebanyak 10 siswa, sampel  penelitian adalah sama dengan jumlah populasi siswa sebanyk 10 siswa . metode penelitian dengan model Kemmis dan Taggart, terdiri dari dua siklus yang setiap siklus terdapat empat tahap yaitu 1.perencanaan, 2.Tindakan, 3.observasi dan 4. refleksi. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara  observasi , dan Dokumntasi Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis Deskriptif  Persentatif. Hasil penelitian yang di lakukan menunjukan pada kegiatan finger painting dapat meningkatkan aspek motorik halus anak, dengan hasil awal observasi sebesar   30% , siklus I  60% , siklus II  95%, sehingga dalam penelitian Tindakan kelas yang di lakukan dengan kegiatan finger painting dapat  meningkatan motorik halus pada anak usia dini.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Natalia, D. ., & Kurniawaty, L. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4948–4956. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9049