Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Powerpoint Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Peserta Didik Kelas V Di Sd Negeri Sudirman Ambarawa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9035Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran tematik berbasis multimedia interaktif powerpoint untuk meningkatkan keaktifan belajar pada peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V di SD Negeri Sudirman Ambarawa. Metode penelitian R&D menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Sukmadinata (2011:189) terdiri atas: 1) Studi Pendahuluan, 2) Desain dan Pengembangan, dan 3) Pengujian Produk. Untuk mengetahui kevalidan pada media yang telah dibuat, dilakukan uji ahli media dan uji ahli materi. Sedangkan keefektifan dari media yang telah dibuat dengan melakukan uji coba terbatas dengan melibatkan 22 orang peserta didik yang kemudian diberikan angket mengenai respon peserta didik terkait media pembelajaran tematik berbasis multimedia interaktif powerpoint yang dikembangkan. Media pembelajaran tematik berbasis multimedia interaktif powerpoint terbukti valid. Hal ini terbukti melalui hasil persentase yang mencapai 95,7% untuk uji ahli media sedangkan hasil persentase yang mencapai 75,5% untuk uji ahli materi. Selain valid, media pembelajaran tematik berbasis multimedia interaktif powerpoint terbukti efektif. Hal ini terbukti berdasarkan hasil angket respon dari peserta didik yang mendapatkan hasil persentase mencapai 81,2%. Sedangkan untuk hasil observasi terhadap keaktifan peserta didik di kelas 5 berdasarkan 5 kriteria penilaian dalam penggunaan media yang dikembangkan memperoleh jumlah skor 23 poin dengan persentase 93% yang termasuk dalam kategori sangat baik.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Rosanti, . M. A., & Rahayu, T. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Powerpoint Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Peserta Didik Kelas V Di Sd Negeri Sudirman Ambarawa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4849–4858. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9035
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Melania Arneta Rosanti, Theresia Sri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).