Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9021Abstract
Mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui Kemampuan penalaran matematis dan minat belajar terhadap Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh kemampuan penalaran matematis dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Paket B PKBM di Cikampek. 2) Pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Paket B PKBM di Cikampek. 3) Pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Paket B PKBM di Cikampek. Metode yang digunakan adalah metode survey. Hasil Pengujian hipotesis menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan penalaran matematis dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa paket B PKBM di Cikampek. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,001 < 0,05 dan F hitung = 7,634. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan penalaran matematis ecara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa paket B PKBM di Cikampek. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,007 < 0,05 dan t hitung = 2,788. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa paket B PKBM di Cikampek. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,031 < 0,05 dan t hitung = 2,208.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Aditya, . D. Y. ., Ai Solihah, . A. S., & Habibie, M. T. . (2022). Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4762–4771. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9021
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dedy Yusuf Aditya, Ai Solihah , Muhammad Tri Habibie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).