Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Siswa Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya

Authors

  • Yustina Sihol Marito Primaria Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnyah hasil belajar subtema pentingnya udara bersih bagi kesehatan siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Hal ini terlihat jelas dari hasil belajar isiwa masih tergolong rendah atau masih dibawah standar kriteria ketuntasan minimal dikarenakan model pembelajaran selama ini yang dipakai guru sangat monoton dan tidak menarik perhatian siswa sehingga mengakibatkan peserta didik mudah bosan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode The One group Pretest-Posttest Design dengan melibatkan variabel bebas yaitu model pembelajaran discovery learning dan variabel terikat hasil belajar siswa kelas V Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan non-parametrik uji Smirnoff menggunakan SPSS 24 dapat disimpulkan bahwa nilai sign 0,000 yang berarti data kurang dari alpha (0,05) adalah Ha diterima, dan dari hasiluji hipotesis 5,905>2,045 sehingga diketahui ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar subtema 2 pentingnya udara bersih bagi pernapasan di kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Sinaga, . Y. S. M. P. ., Purba, N. ., & Panjaitan, . M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Siswa Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4738–4747. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9018