Patient Satisfaction With Digital Health Services in Hospital during COVID-19 Pandemic: A Systematic Review

Authors

  • Shafira Ninditya Health Policy and Administration Department Faculty of Public Health Universitas Indonesia
  • Pujiyanto Pujiyanto Health Policy and Administration Department Faculty of Public Health Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9009

Abstract

Pandemi coronavirus 2019 (COVID-19) adalah masalah kesehatan masyarakat yang telah mengganggu sistem perawatan kesehatan di seluruh dunia. Digitalisasi layanan kesehatan menjadi salah satu bentuk penyesuaian untuk menghadapi pandemi. Perubahan metode pelayanan di rumah sakit dapat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien. Tinjauan ini akan mengidentifikasi dan menganalisis kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan digital di rumah sakit selama pandemi covid-19. Pencarian sistematis dilakukan melalui PubMed, ScienceDirect, Springer Link, dan Pencarian Manual dari publikasi tahun 2019 hingga 2022, mengikuti pedoman PRISMA. Tinjauan sistematis ini mengidentifikasi 42 studi termasuk 34 studi menemukan kepuasan pasien di rumah sakit dan 8 studi membandingkan kepuasan pasien dalam layanan kesehatan digital dan layanan kesehatan langsung. Ada 97% penelitian yang menunjukkan kepuasan pasien dalam layanan kesehatan digital. Sementara itu, masing-masing 1 studi menemukan hasil signifikan dari kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan digital dan langsung. Dengan mengimplementasikan layanan kesehatan digital pada platform yang sesuai, aplikasi yang sesuai dengan ketersediaan sumber daya, aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan setting klinis diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan di rumah sakit.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Ninditya, S. ., & Pujiyanto, P. (2022). Patient Satisfaction With Digital Health Services in Hospital during COVID-19 Pandemic: A Systematic Review. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5217–5239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9009