Analisis Kurikulum Sekolah Berbasis Asrama di Sekolah Dasar Islam Terpadu Jumapolo

Authors

  • Dwi Prasetyo Basuki Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Syamsul Huda Rohmadi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9007

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Sekolah dengan sistem asrama merupakan salah satu contoh pengembangan kurikulum yang banyak dilaksanakan karena sistem asrama dianggap efektif dalam membentuk kedisiplinan siswa tanpa melupakan keilmuan serta keagamaannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kurikulum asrama yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Jumapolo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum asrama di SDIT Jumapolo tidak 100 % berhasil. Hal ini terjadi karena adanya beberapa hambatan dalam pelaksanaanya. Hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan kurikulum asrama yaitu Sarana Pembelajaran yang belum lengkap, Para Santri yang masih membutuhkan pendampingan ekstra, serta Kurangnya kesadaran wali santri untuk melaksanakan pembayaran syahiah secara displin waktunya.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Basuki, D. P. ., & Rohmadi, S. H. . (2022). Analisis Kurikulum Sekolah Berbasis Asrama di Sekolah Dasar Islam Terpadu Jumapolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4672–4677. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9007