Analisis Kurikulum Sekolah Berbasis Asrama di Sekolah Dasar Islam Terpadu Jumapolo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9007Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Sekolah dengan sistem asrama merupakan salah satu contoh pengembangan kurikulum yang banyak dilaksanakan karena sistem asrama dianggap efektif dalam membentuk kedisiplinan siswa tanpa melupakan keilmuan serta keagamaannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kurikulum asrama yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Jumapolo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum asrama di SDIT Jumapolo tidak 100 % berhasil. Hal ini terjadi karena adanya beberapa hambatan dalam pelaksanaanya. Hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan kurikulum asrama yaitu Sarana Pembelajaran yang belum lengkap, Para Santri yang masih membutuhkan pendampingan ekstra, serta Kurangnya kesadaran wali santri untuk melaksanakan pembayaran syahiah secara displin waktunya.Downloads
Published
2022-11-17
How to Cite
Basuki, D. P. ., & Rohmadi, S. H. . (2022). Analisis Kurikulum Sekolah Berbasis Asrama di Sekolah Dasar Islam Terpadu Jumapolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4672–4677. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9007
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dwi Prasetyo Basuki, Syamsul Huda Rohmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).