Adaptasi Organisasi Pelayanan Manusia selama Pandemi Covid-19 (Studi pada Yayasan Kampus Diakoneia Modern)

Authors

  • Jessica Hutting Universitas Indonesia
  • Ety Rahayu Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9005

Abstract

Organisasi Pelayanan Manusia memiliki peran penting dalam sektor kesejahteraan sosial. Melihat peran penting ini, maka organisasi pelayanan manusia harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi pada situasi dan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal. Adaptasi dilakukan bukan hanya untuk menjawab kebutuhan klien, tetapi juga untuk keberlanjutan organisasi. Pandemi Covid-19 yang menimbulkan banyak dampak pada aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan, teknologi, dan sosial, juga berimbas pada dinamika organisasi pelayanan manusia. Yayasan KDM sebagai organisasi penyedia layanan kesejahteraan anak, perlu melakukan proses adaptasi agar dapat tetap menjangkau klien dan memenuhi hak mereka, meskipun akan menemukan tantangan sekaligus pembelajaran di tengah situasi yang sulit. Sejumlah adaptasi dilakukan pada program, kegiatan, dan prosedur agar tetap dapat memenuhi permintaan karena meningkatnya kebutuhan klien di tengah pandemi. Keberhasilan proses adaptasi sebuah organisasi dipengaruhi oleh budaya organisasi dan tipe kepemimpinan.    

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Hutting, J. ., & Rahayu, E. . (2022). Adaptasi Organisasi Pelayanan Manusia selama Pandemi Covid-19 (Studi pada Yayasan Kampus Diakoneia Modern). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4619–4639. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9005