Perbandingan Kinerja Otak Kanan dan Kiri pada Layanan Bimbingan Klasikal di SMPN 2 Cikarang Selatan

Authors

  • Sindi Nursalam Universitas Negeri Jakarta
  • Yansi Larbona Universitas Negeri Jakarta
  • Aliva Karina Muyaassar Universitas Negeri Jakarta
  • Lia Amalia Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Awaluddin Tjalla Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8978

Abstract

Otak adalah organ yang mengontrol segala sesuatu tentang individu. Komponen terbesar dari otak manusia adalah otak besar, menurut teori split-brain Roger Sperry. Teori tersebut juga menyatakan bahwa otak besar dibagi menjadi dua bagian, otak kiri belahan otak dan belahan otak kanan. Cerebrum adalah bagian dari otak manusia yang memproses semua aktivitas intelektual kecerdasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan kinerja otak kanan dan kiri pada layanan bimbingan klasikal di SMPN 2 Cikarang, dan juga ingin mengetahui faktor dari pembentukan otak setiap manusia yang lebih dominan yang mana dan karier yang mendukung terhadap kedua otak tesebut. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan metode Deskriptif. Dari hasil observasi dalam kelas saat pelaksanaan layanan bimbingan klasikal, siswa mampu menyimak dan mengikuti setiap proses layanan dengan baik, siswa juga mampu menangkap informasi serta merespon layanan dengan baik,

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Nursalam, . S. ., Larbona, Y. ., Muyaassar, A. K. ., Putri, L. A. ., & Tjalla, A. . (2022). Perbandingan Kinerja Otak Kanan dan Kiri pada Layanan Bimbingan Klasikal di SMPN 2 Cikarang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4532–4537. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8978