Gambaran Umum Permasalahan Anak Korban Perceraian
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8961Abstract
Setiap terjadinya perceraian tidak hanya orangtua yang tersakiti, perceraian juga menimbulkan dampak terhadap perkembangan anak, di karenakan anak usia dini pada umumnya masih membutuhkan kasih sayang dan perhatian penuh dari kedua orang tua. Dampak perceraian yang mungkin terjadi pada anak mungkin bisa berbeda-beda, tergantung dari usia anak pada saat perceraian terjadi serta kepribadian anak itu sendiri. Pada anak usia balita, efek perceraian orangtua mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap perkembangan mentalnya. Namun, lain halnya jika perceraian terjadi saat anak sudah memasuki usia sekolah, dimana ia sudah bisa mengamati situasi di sekitarnya dan menyadari bahwa orangtuanya tidak lagi bersama. Suasana keluarga yang berantakan dapat menyebabkan anak menimbulkan pengaruh yang negatif terhadap perkembangan jiwa anak dalam masa pertumbuhannya, karena pribadi anak umumnya terjadi melalui pengalaman masa kecil. pengalaman anak yang didapat saat orang tua bercerai akan mengalami pengalamaman transgresi (pengalaman disakiti atau mendapat perlakuan tidak adil dari diri sendiri atau orang tua). Pengalaman yang didapat anak waktu kecil baik pengalaman buruk atau pengalaman baik semuanya akan mempengaruhi dalam kehidupannya saat dewasa. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran umum permasalahan anak korban perceraian di MTSN 2 Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif, kuantitatif maksudnya penelitian ini menggambarkan suatu keadaan fenomena atau berbagai variable penelitian menurut kejadian sebagaimana adanya yang dapat dipotret, diwawancara, diobservasi serta dapat diungkapkan melalui bahan-bahan dokumenter. Metode deskriptif kuantitatif diartikan sebagai metode penelitian yang bentuk deskripsinya dengan angka atau numeric (statistic ) karena penelitiannya berkaitan dengan penjabaran dengan angka-angka statistik. Penelitian ini dilakukan di kelas IX MTs Negeri 2 Medan dengan subjek penelitian siswa yang menjadi korban perceraian orangtuanya.Downloads
Published
2022-11-16
How to Cite
Sinaga, M. H. P. ., Harahap, L. H. ., & Fatharani, Y. . (2022). Gambaran Umum Permasalahan Anak Korban Perceraian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4398–4408. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8961
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 M. Harwansyah Putra Sinaga, Latipa Hannum Harahap, Yuni Fatharani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









