Analisis Kesulitan Belajar Menulis Di Kelas 1 Sd Negri Cimone 6

Authors

  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokhmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dea Oktadri Yanti Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8889

Abstract

Menulis adalah sebuah bentuk dari kemampuan dasar dalam menyampaikan pola bahasa dalam bentuk tulisan. Dnegan tulisan siswa dapat memahami lambang bunyi bahasa. Menulis permulaan menjadi salah  satu materi pengajaran menulis di kelas I  dan II karena dalam menulis permulaan  lebih memfokuskan pengenalan penulisan  huruf dan kedudukan ataufungsinya di  dalam suatu kata dan kalimat. Pada tingkat  permulaan, pembelajaran menulis lebih  diorentasikan pada kemampuan yang  bersifat mekanik.  tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaiman kesulitan menulis siswa kelas 1 SD Negeri Cibone 6 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.  Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa kesultian -kesulitan yang dialami siswa diantaranya : a. Siswa masih sulit dalam mengingat bentuk dan nama huruf b. Ukuran Huruf yang ditulis siswa belum rata c. Jarak spasi dalam menulis terlalu rapat d. Waktu yang diperlukan untuk menulis terlalu lama e. Ketika penyebutan huruf apa siswa banyak salah menulis huruf Dan beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan siswa kelas 1 SD Negeri Cibone 6 dalam kesultian menulis adalah a. Minat belajar menulis yang kurang b. Pemilihan Media, metode dan suasana belajar yang kurang menarik c. Dukungan keluarga yang masih kurang d. Sarana dan prasanan yang kurang mendukung

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Andriana, E., Rokhmanah, S. ., & Yanti Putri, D. O. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Di Kelas 1 Sd Negri Cimone 6. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4837–4841. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8889