Analisis Kesulitan Belajar Menulis Di Kelas 1 Sd Negri Cimone 6
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8889Abstract
Menulis adalah sebuah bentuk dari kemampuan dasar dalam menyampaikan pola bahasa dalam bentuk tulisan. Dnegan tulisan siswa dapat memahami lambang bunyi bahasa. Menulis permulaan menjadi salah satu materi pengajaran menulis di kelas I dan II karena dalam menulis permulaan lebih memfokuskan pengenalan penulisan huruf dan kedudukan ataufungsinya di dalam suatu kata dan kalimat. Pada tingkat permulaan, pembelajaran menulis lebih diorentasikan pada kemampuan yang bersifat mekanik. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaiman kesulitan menulis siswa kelas 1 SD Negeri Cibone 6 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa kesultian -kesulitan yang dialami siswa diantaranya : a. Siswa masih sulit dalam mengingat bentuk dan nama huruf b. Ukuran Huruf yang ditulis siswa belum rata c. Jarak spasi dalam menulis terlalu rapat d. Waktu yang diperlukan untuk menulis terlalu lama e. Ketika penyebutan huruf apa siswa banyak salah menulis huruf Dan beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan siswa kelas 1 SD Negeri Cibone 6 dalam kesultian menulis adalah a. Minat belajar menulis yang kurang b. Pemilihan Media, metode dan suasana belajar yang kurang menarik c. Dukungan keluarga yang masih kurang d. Sarana dan prasanan yang kurang mendukungDownloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Andriana, E., Rokhmanah, S. ., & Yanti Putri, D. O. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Di Kelas 1 Sd Negri Cimone 6. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4837–4841. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8889
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Encep Andriana, Siti Rokhmanah, Dea Oktadri Yanti Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).