Proses Pembelajaran Musik di Kelas Music Time Sekolah Dasar St. Agatha Palembang

Authors

  • Feri Firmansyah Universitas PGRI Palembang
  • Deria Sepwiko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8864

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendeskripsikan salah satu proses pembelajaran musik di kelas Music Time SD St. Agatha Palembang, yaitu sebagai bentuk inventarisasi kegiatan belajar mengajar musik di sekolah dasar. Penelitian didasari fenomena pembelajaran kelas Music Time yang berjalan dengan efektif di SD St. Agatha .Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran musik di Kelas Music Time, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Selanjutnya data akan disajikan secara deskriptif, melalui hasil dari analisis proses belajar mengajar musik di kelas Music Time. Hasil penelitian didapatkan bahwa pada proses pembelajaran musik di kelas Music Time terdapat tahapan-tahapan ataupun prosedur belajar mengajar yang harus dilakukan oleh guru dan siswa, sesuai dengan standar pengajaran yang di berikan oleh Yamaha Music. Tahapan- tahapan tersebut meliputi kegiatan listening, learning, refreshing, dan playing instrumen. Selanjutnya setiap tahapan memiliki sub kegiatan yang harus dilaksanakan. Pada kegiatan listening terdapat sub kegiatan yaitu demo, imajinasi, membuat gerak, menyanyikan melodi tanpa lirik, membuat lirik dan dinyanyikan. Pada kegiatan learning terdapat sub kegiatan, yaitu rhythm exercise, melody singing, finger exercise. Pada tahapan refreshing terdapat beberapa pilihan kegiatan, yaitu column, rhytmn ensemble, repertoire. Pada tahapan akhir yaitu playing instrument, tahapan ini terdapat dua pilihan yaitu original dan version.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Firmansyah, . F. ., & Sepwiko, D. . (2022). Proses Pembelajaran Musik di Kelas Music Time Sekolah Dasar St. Agatha Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3926–3934. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8864