Pengaruh Model Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah Kelas II UPTD SD Negeri 122365 Pematang Siantar

Authors

  • Rose Monalisa Aritonang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode Kristianto Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Hidup Rukun Di Sekolah di Kelas II UPTD SD Negeri 122365 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas II UPTD SD Negeri 122365 Pematang siantar yaitu sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest yang terdiri dari tes dari subtema 3 yang membahas tentang hidup rukun disekolah. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh model cooperative script dan hasil belajar siswa dengan nilai rhitung = 0.853 dan rtabel = 0,433, rhitung> rtabel pada taraf 5% dan n=30 serta diperoleh thitung = 3,055 dan ttabel = 2,048, thitung> ttabel pada taraf 5%.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Aritonang, R. M. ., Purba, N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Pengaruh Model Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah Kelas II UPTD SD Negeri 122365 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3794–3804. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8827