Kemampuan Menulis Naskah Drama Kreatif dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Wolowaru Kabupaten Ende
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8813Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama kreatif menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VIII SMPN I Wolowaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Wolowaru dalam menulis naskah drama. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi belajar mengajar yaitu kemampuan internal seseorang untuk berpikir, memecahkan masalah dan mengambil keputusan, teori media gambar berseri yaitu alat, metode, dan teknik yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran yang dapat menyajikan perangsang siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menulis naskah drama kreatif menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VIII SMPN I Wolowaru lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis naskah drama tanpa menggunakan media gambar berseri. Hal ini dibuktikan oleh meningkatnya pemerolehan nilai rata-rata sebanyak 83,41%, siswa yang mampu mencapai 84,31% dan siswa yang tidak mampu mencapai 15,68%.Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Rini , M. M. . (2022). Kemampuan Menulis Naskah Drama Kreatif dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Wolowaru Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3634–3643. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8813
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maria Magdalena Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).