Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Publikasi Project Based Learning Pada Mata Kuliah Statistika

Authors

  • Fatwa Patimah Nursa’adah Universitas Indraprasta PGRI
  • Novrita Mulya Rosa Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8810

Abstract

Kolaborasi antara pembelajaran dan teknologi adalah alat pembelajaran yang kuat yang dapat digunakan untuk menciptakan solusi pembelajaran online yang inovatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan menyebar angket dalam bentuk google form. Teknik Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil angket dianalisis berdasarkan jawaban 72 responden penelitian yaitu mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FMIPA Unindra PGRI Jakarta yang mengikuti mata kuliah statistika lanjut. Angket dibuat dengan indikator ketertarikan, pembelajaran bermakna, komunikasi dan kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas. Berdasarkan analisis data, diperoleh skor rata-rata dari seluruh indikator sebesar 80,20% berada pada kategori kuat.  Penggunaan youtube dalam model Project Based Learning dinilai sangat menarik dan membantu mahasiswa untuk menuangkan kreativitas dalam membuat video untuk diunggah. Mahasiswa terlatih untuk memiliki life skills dan keterampilan abad 21 dengan penugasan proyek pembuatan video mengikuti sintaks Project Based Learning.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Nursa’adah, F. P. ., & Rosa, N. M. . (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Publikasi Project Based Learning Pada Mata Kuliah Statistika . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3620–3626. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8810