Penerapan SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8723Abstract
Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia merupakan salah satu penyebab kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Peneliti berpendapat bahwa dengan menerapkan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) akan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan SQ3R pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK terdiri dari 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis yang dipakai rata-rata dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III yaitu memudahkan pemahaman siswa membaca isi bacaan, perbendaharaan kosa kata bahasa Indonesia siswa bertambah, lebih terampil merangkai kata dalam kalimat, mampu mengerjakan evaluasi dengan benar, menjawab pertanyaan guru dan mampu menceritakan kembali isi bacaan, dan (2) terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III yang ditunjukkan pada siklus II meningkat menjadi 56% siswa mendapatkan kriteria sangat baik, 40% siswa mendapatkan kriteria baik, dan 4% siswa mendapatkan kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan pembelajaran dengan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.Downloads
Published
2022-11-12
How to Cite
Oktafikrani, D. . (2022). Penerapan SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3315–3322. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8723
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dafid Oktafikrani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).