Penerapan SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III di Sekolah Dasar

Authors

  • Dafid Oktafikrani SDN 4 Saptorenggo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8723

Abstract

Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia merupakan salah satu penyebab kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Peneliti berpendapat bahwa dengan menerapkan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) akan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan SQ3R pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK terdiri dari 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis yang dipakai rata-rata dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) penerapan SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III yaitu memudahkan pemahaman siswa membaca isi bacaan, perbendaharaan kosa kata bahasa Indonesia siswa bertambah, lebih terampil merangkai kata dalam kalimat, mampu mengerjakan evaluasi dengan benar, menjawab pertanyaan guru dan mampu menceritakan kembali isi bacaan, dan (2) terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III yang ditunjukkan pada siklus II meningkat menjadi 56% siswa mendapatkan kriteria sangat baik, 40% siswa mendapatkan kriteria baik, dan 4% siswa mendapatkan kriteria cukup.  Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan pembelajaran dengan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Downloads

Published

2022-11-12

How to Cite

Oktafikrani, D. . (2022). Penerapan SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3315–3322. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8723