Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SDN 177072 Halado

Authors

  • Ronauli Marpaung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8690

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learning  terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SD N 177072 Halado Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa, teknik pengumpulan data adalah tes. Bersadasarkan hasil penelitian dan analisis data dan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SD N 177072 Halado. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) memiliki nilai rata-rata 52,43 sedangkan setelah diberikan perlakuan model Discovery Learning (posttest) memiliki nilai rata-rata 82,67. Ditemukan juga  hasil dari uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test terlihat nilai thitung > ttabel yaitu 10,711 >2,048 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Cara tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SD N 177072 Halado.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Marpaung, R. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SDN 177072 Halado . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3076–3083. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8690

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>