Analisis Manajemen Operasional Perusahaan Multinasional (PT Nestle Indonesia)

Authors

  • Arbi Abdul Kahfi Universitas Padjadjaran
  • Anang Muftiadi Universitas Padjadjaran
  • Ria Arifianti Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8666

Abstract

Untuk memenuhi dan mewujudkan tujuan atau visi perusahaan, maka setidaknya ada tiga fungsi dasar manajemen yang harus diimplementasikan pada sebuah perusahaan, yaitu fungsi pemasaran, fungsi operasional, dan fungsi keuangan. Ketiga fungsi tersebut merupakan aspek utama di sebuah perusahaan atau industri demi keberlangsungan hidup perusahaan. Manajemen operasional sendiri merupakan sebuah fungsi manajemen yang utama dalam sebuah perusahaan. Manajemen operasi ini telah berkembang pesat sebab kemajuan teknologi dan munculnya inovasi baru yang telah diterapkan dalam praktik bisnis. Metode yang digunakan pada penelitian adalah literature review. Hasil dari penelitian ini adalah Manajemen  operasional  merupakan  fungsi  manajemen    yang  sangat  pokok  bagi  sebuah perusahaan  apapun,  salah  satunya  adalah  PT.  Nestle Indonesia  yang  memiliki  strategi  untuk bersaing  untuk  mencapai  dan  memperoleh  tujuan.  PT Nestle Indonesia  juga  memiliki  strategi yang  kunci  utamanya  adalah mengembangkan  produk  baru  dan  tepat  guna.  Selain  faktor  dari  keunikan  produk,  perusahaan  yang mempunyai kelebihan dalam bersaing juga menerapkan strategi marketing mix yang melingkupi harga yang  bisa  besaing,  tempat  atau  lokasi  yang  strategis,  dan  promosi  yang  memadai. Supply Chain Management (SCM) adalah suatu konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan. Manufakturing, dalam penerapan supply chain management (SCM), perusahaan-perusahaan diharuskan mampu memenuhi kepuasan pelanggan, mengembangkan produk tepat waktu, mengeluarkan biaya yang rendah dalam bidang persediaan dan penyerahan produk, mengelola industri secara cermat dan fleksibel.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Kahfi, A. A. ., Muftiadi, A. ., & Arifianti, R. . (2022). Analisis Manajemen Operasional Perusahaan Multinasional (PT Nestle Indonesia). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2942–2949. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8666