The Correlation Between Speaking with Grammar and Speaking with Self Confidence in EFL Students

Authors

  • Rita Harisma Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Putri Ayu Utami Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8625

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan Hubungan antara Berbicara dengan Tata Bahasa dan Berbicara dengan Percaya Diri, yang terutama bertujuan untuk mengidentifikasi masalah kemampuan berbicara siswa yang masih rendah dalam tata bahasa dan kepercayaan diri masih menjadi masalah dalam berbicara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dimana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan mahasiswa EFL jurusan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik analisis data dilakukan oleh Sugiyono (2013) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuannya ada dua metode dalam berbicara. Seperti berbicara dengan tata bahasa dan berbicara dengan percaya diri dan keduanya berkorelasi. Hal terpenting dalam berbicara adalah berbicara dengan tata bahasa tetapi tanpa kepercayaan diri pembicara tidak dapat melakukan itu.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Harisma, R. ., & Utami, P. A. (2022). The Correlation Between Speaking with Grammar and Speaking with Self Confidence in EFL Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2702–2706. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8625