Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di SMK Yasti Cisaat

Authors

  • Asep Ikhwan Awaluddin Universitas Islam Nusantara
  • Aang Abdullah Zein Universitas Islam Nusantara
  • Suharyanto H. Soro Universitas Islam Nusantara
  • Sri Handayani Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8603

Abstract

Kepala Sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah. Maka dari itu Kepala Sekolah sedikitnya juga harus mampu berfungsi sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator dan “orang terdepan” yang mewakili sekolah. Namun seiring berkembangnya zaman menuju globalisasi seharusnya Kepala Sekolah dapat menyesuaikan diri sesuai dengan fungsinya sebagai Kepala Sekolah yang profesional. Penelitian ini mengungkap kegiatan supervisi yang dilakukan oleh Kepala sekolah SMK YASTI Cisaat  terhadap kinerja guru. untuk hasil dari penelitian ini adalah Fokus kegiatan supervisi dilakukan kepala sekolah dapat mengidentifikasikan ke dalam dua hal yaitu; kegiatan supervisi yang menyangkut administrasi guru dan kegiatan proses belajar mengajar. Kegiatan supervisi sangat membantu guru dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan yang dihadapi guru pada saat akan melakukan pembelajaran, serta dapat memberikan motivasi untuk guru agar selalu meningkatkan pengetahuan menjadi guru yang profesional dalam melaksanakan pembelajaran. Hambatan kepala sekolah dalam supervisi adalah tumpang tindih kegiatan dan keterbatasan dana operasional.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Awaluddin, A. I. ., Zein, A. A. ., Soro, S. H. ., & Handayani, S. . (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di SMK Yasti Cisaat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2628–2638. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8603