PKM Mengenalkan dan Melatih Aplikasi Truth Tabels dengan Model Belajar Direct Instruction pada Mata Kuliah Landasan Pendidikan Matematika

Authors

  • Sudiansyah Sudiansyah Universitas Tanjungpura
  • Dia Prima Juwita Universitas Tanjungpura
  • Dian Kurnianto Universitas Tanjungpura
  • Dede Suratman Dede Suratman Universitas Tanjungpura
  • Edy Yusmin Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8601

Abstract

Program kampus merdeka pada program studi magister Pendidikan Matematika FKIP UNTAN adalah kampus mengajar. Salah satu kegiatan dalam kampus mengajar tersebut adalah Peningkatan Keterampilan Mengajar (PKM). Bentuk kegiatan kegiatan mengenalkan dan melatih Aplikasi Truth tabel pada mata kuliah landasan pendidikan matematika pokok bahasan logika matematika. Subjek kegiatan PKM mahasiswa semester satu prodi S-1 pendidikan matematika. Metode pelaksanaan Kegiatan PKM terdiri dari empat tahap: 1) tahap persiapan 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap evaluasi, dan 4) tahap konsultasi. Pelaksanaan PKM dengan Model perkuliahan Direct Instruction, dilakukan dengan lima langkah: 1) Orientasi 2) Presentasi  3) bimbingan teratur 4) bimbingan terbina dan 5) bimbingan independen. Dari hasil respon mahasiswa terhadap program PKM diperoleh prosentase penilaian kelayakan 86,64% yang berarti bahwa jenis praktik, interpretasi, produksi, penerapan, evaluasi dan kreasi dari jenis pelaksanaan kegiatan Peningkatan Keterampilan Mengajar dapat diterima dengan sangat baik oleh mahasiswa.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Sudiansyah, S., Juwita, D. P. ., Kurnianto, D. ., Dede Suratman, D. S., & Yusmin, E. . (2022). PKM Mengenalkan dan Melatih Aplikasi Truth Tabels dengan Model Belajar Direct Instruction pada Mata Kuliah Landasan Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2611–2620. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8601