Pengaruh Media Busy Book terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Kohod 2 Kabupaten Tangerang

Authors

  • Fatmawati Fatmawati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nurul Mutaqqin Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nelly Manik Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Busy book terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas III SDN Kohod 2 Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, penelitian ini menggunakan media pembelayaran Busy Book dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN Kohod 2 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 60 siswa, dengan mengambil sample sebanyak 30 siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan sample sebanyak 30 siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument berupa soal isian singkat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Chi Square untuk Uji Normalitas, Uji F untuk uji Homogenitas dan Uji t untuk Uji Hipotesis. Dari hasil pengujian hipotesis posttes dengan menggunakan Uji t diperoleh thitung = 2,25 dan  ttabel = 2,002 pada taraf signifikansi a=0,05 dengan dk=58. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel ( 2,25 > 2,002). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilihat dari nilai rata-rata postest yang diperoleh kelas kontrol adalah = 67,3 dan kelas eksperimen adalah = 72,5. Hal tersebut dapat diartikan bahwa penguasaan kosakata Bahasa Inggris menggunakan media Busy Book lebih berpengaruh.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Fatmawati, F., Mutaqqin, N. ., & Manik, N. . (2022). Pengaruh Media Busy Book terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Kohod 2 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2582–2588. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8598