Penerapan Reward dan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri 5 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang

Authors

  • Natriani Syam Universitas Negeri Makassar
  • Yulia Yulia Universitas Negeri Makassar
  • Sri Mulyani H Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8510

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas III . Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan Kulitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III UPT SD Negeri 5 Arawa tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang dan terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Fokus pada penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil. penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang diolah secara kualitatif. Pada siklus I, hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), untuk hasil observasi siswa pada siklus I yaitu 73,7% berada dalam kategori cukup (C) mengakami peningkatan pada siklus II menjadi 85,5 % berada dalam kategori baik (B), kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Reward dan Ice Breaking dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran siswa kelas III UPT SD Negeri 5 Arawa..

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Syam, N. ., Yulia, Y., & H, . S. M. . (2022). Penerapan Reward dan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri 5 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2125–2136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8510