Pengaruh Penggunaan Metode Tipe Quiz Team terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Kelas XI MAS Al Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8490Abstract
Proses pembelajaran di MAS Al Hakimiyah Paringgonan masih menggunakan metode ceramah dimana guru masih terlalu sering menjelaskan panjang lebar didalam kelas sampai peserta didik banyak yang kurang semangat untuk belajar. Metode tipe quiz team merupakan metode pembelajaran dengan sistem pembagian kelompok, setiap tim bertanggung jawab untuk menyiapkan kuis jawaban singkat dan tim lainnya menggunakan waktunya untuk memeriksa catatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Tipe Quiz Team terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Kelas XI MAS Al Hakimiyah Paringgonan Kab. Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretest dan Posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Sampel pada penelitian terdiri dari 2 kelas, yakni kelas XI-A (Kelas Eksperimen) berjumlah 36 siswa dengan metode pembelajan Tipe Quiz Team dan kelas XI-B (Kelas Kontrol) berjumlah 36 siswa dengan model pembelajaran Direct Intruction. Instrument dalam penelitian ini dalam bentuk tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Analisis data hasil belajar peserta didik menggunakan rumus uji ttest, juga dengan bantuan aplikasi pengelolahan data yaitu Spss 21. Data rata-rata minat pada kelas eskperimen adalah 78% dan kelas kontrol adalah 56%. Kemudian untuk pretest dan posttes hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 43,055 dan 78,888 dan kelas kontrol adalah 34,861 dan 50,694. Berdasarkan nilai rata-rata minat dan hasil belajar peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Tipe Quiz Team Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Kelas XI MAS Al Hakimiyah Paringgonan.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Hsb, B. ., Tambunan, E. P. S. ., & Rambe, R. N. . (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Tipe Quiz Team terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Kelas XI MAS Al Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2027–2035. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8490
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Baharuddin Hsb, Efrida Pima Sari Tambunan, Riris Nurkholida Rambe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).