Menangkal Penurunan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum

Authors

  • Ansori Ansori Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Irwandi Irwandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Noor Aini Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Asep Dudi Suhardini Universitas Islam Bandung
  • Avid Leonardo Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8487

Abstract

Pendidikan agama Islam di SMP bertujuan untuk menanadamkan cita-cita dan prinsip-prinsip Islam pada siswa Muslim. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kaum muda kehilangan minat pada mata pelajaran ini. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Temuan menunjukkan bahwa faktor eksternal dan pribadi berperan dalam membentuk motivasi untuk mengejar pendidikan agama Islam. Aspek individu meliputi: (1) minat awal yang dimiliki setiap individu dan (2) keragaman peserta dalam pembelajaran. Unsur situasional meliputi: (1) pengaruh orang tua, (2) pengaruh guru PAI, dan (3) kurikulum PAI. Penemuan ini juga menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam meningkatkan antusiasme siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Ansori, A., Irwandi, I., Aini, S. N. ., Suhardini, A. D. ., & Sari, A. L. . (2022). Menangkal Penurunan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2016–2021. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8487