Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 2 Subulussalam

Authors

  • Ermika Zulti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Sri Nurabdiah Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Emilda Sulasmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa model kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Subulussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data yang digunakan pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada MAN 2 Subulussalam, Kepala sekolah MAN 2 Subulussalam menerapkan model kepemimpinan situasional. (2) implementasi dari model kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah MAN 2 Subulussalam ini memiliki 3 prinsip dalam hal Peningkatan Mutu Pendidikan pada Sekolah MAN 2 Subulussalam, yaitu: (a) Kerjasama antara Kepala Sekolah dan guru, (b) displin (c) Adanya Partisipasi. Setelah penerapan model kepemimpinan pada MAN 2 Subulussalam diterapkan banyak perubahan yang terjadi pada lingkungan sekolah, seperti perubahan dalam hal budaya Islami yang membuat siswa tersebut lebih giat dalam hal keagamaan, sehingga guru dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pendidikan pada MAN 2 Subulussalam.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Zulti, E. ., Pratiwi, S. N. ., & Sulasmi, E. . (2022). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 2 Subulussalam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1650–1662. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8428