Penggunaan Metode Smart Game dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Nama-nama dan Tugas-tugas Malaikat Allah swt. di Kelas IV SDN 13 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8425Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah swt. di kelas IV SDN 13 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu catatan observasi, jurnal harian dan hasil evaluasi yang dilakukan sejak awal penelitian (pre test) sampai siklus terakhir bersama mitra kolaborasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah swt. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan perolehan nilai dari pre-tes dampai siklus III secara signifikan, Pada siklus II, rata-rata poin 91,03 naik menjadi 95,86 pada siklus III. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dikategorikan sangat baik.Downloads
Published
2022-11-06
How to Cite
Marni, L. ., Hayati, S. ., & Deswarti, D. (2022). Penggunaan Metode Smart Game dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Nama-nama dan Tugas-tugas Malaikat Allah swt. di Kelas IV SDN 13 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1629–1636. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8425
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Linda Marni, Suci Hayati, Deswarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).