Analisis Pemahaman Psikologi Anak dalam Mendidik Siswa SDN 1 Sesean
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8415Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Pemahaman Psikologi Anak Dalam Mendidik Siswa SDN 1 Sesean tahun ajaran 2021/2022. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk bisa memberikan informasi kepada guru SDN 1 Sesean untuk dapat mengetahui pemahaman psikologi anak dalam mendidik Siswa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pemahaman psikologi anak dalam mendidik siswa SDN 1 Sesean?. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif, yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru SDN 1 Sesean. Objek penelitian ini adalah pemahaman psikologi anak dalam mendidik siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru telah memahami psikologi anak dalam mendidik siswa, dapat dilihat dari polah pikir dan tindakan anak didik melalui perkataan, ide-ide, dan cara berinteraksi antara guru dan teman, melalui pertumbuhan anak didik, latar belakang keluarga, keaktifan anak didik di kelas, cara memperlakukannya, mengetahui kebutuhannya, cara membimbingnya, melihat lingkungan dimana siswa berada, melihat kelebihan dan kelemahan anak didik, memahami bagaimana solusi terhadap masalah potensi dari anak didik.Downloads
Published
2022-11-06
How to Cite
Salo, E. S. . (2022). Analisis Pemahaman Psikologi Anak dalam Mendidik Siswa SDN 1 Sesean. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1546–1552. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8415
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eky Setiawan Salo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).