Analisis Pemahaman Psikologi Anak dalam Mendidik Siswa SDN 1 Sesean

Authors

  • Eky Setiawan Salo Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Pemahaman Psikologi Anak Dalam Mendidik Siswa SDN 1 Sesean tahun ajaran 2021/2022. Manfaat dari penelitian ini yaitu  untuk bisa memberikan informasi kepada guru SDN 1 Sesean untuk dapat mengetahui pemahaman psikologi anak dalam mendidik Siswa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pemahaman psikologi anak dalam mendidik siswa SDN 1 Sesean?. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif, yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru SDN 1 Sesean. Objek penelitian ini adalah pemahaman psikologi anak dalam mendidik siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru telah memahami psikologi anak dalam mendidik siswa, dapat dilihat dari polah pikir dan tindakan anak didik melalui perkataan, ide-ide, dan cara berinteraksi antara guru dan teman,  melalui pertumbuhan anak didik, latar belakang keluarga, keaktifan anak didik di kelas, cara memperlakukannya, mengetahui kebutuhannya, cara membimbingnya, melihat lingkungan dimana siswa berada, melihat kelebihan dan kelemahan anak didik, memahami bagaimana solusi terhadap masalah potensi dari anak didik.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Salo, E. S. . (2022). Analisis Pemahaman Psikologi Anak dalam Mendidik Siswa SDN 1 Sesean. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1546–1552. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8415