Preferensi Modalitas Belajar Visual Auditorial Kinestetik (VAK) Siswa Berprestasi di MTs Negeri 1 Palembang

Authors

  • Rizki Tsaniah UIN Raden Fatah Palembang
  • M. Sirozi UIN Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Isnaini UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8409

Abstract

Preferensi Modalitas Belajar Visual Auditorial Kinestetik (VAK) Siswa Berprestasi Di MTs Negeri 1 Palembang Prodi Magister PAI, Program Magister FITK, Tahun 2022, baik guru maupun siswa dirasa penting untuk memiliki pengetahuan mengenai modalitas belajar sebagai upaya mewujudkan kegiatan belajar mengajar efektif, menciptakan hasil belajar optimal, dan mengembangkan potensi masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasikan bagaimana Preferensi Modalitas Belajar Visual Auditorial Kinestetik siswa kelas VIIIF pada Mata pelajaran SKI di MTs Negeri 1 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif, informan pada penelitian ini adalah Siswa yang mengikuti proses pembelajaran SKI di kelas VIII F. Guru yang mengajar materi SKI di kelas VIII F. dengan total informan 32 orang. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, prefrensi modalitas belajar siswa kelas VIII F MTs 01 Palembang pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan 10 siswa yang memiliki nilai teringgi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam memiliki modalitas belajar yang beragam, 6 siswa memiliki modalitas belajar auditorial, 3 siswa memiliki modalitas belajar visual dan 1 siswa memiliki modalitas belajar kinestetik. Kedua, prefrensi modalitas belajar siswa kelas VIII F MTs 01 Palembang pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan 21 siswa diluar 10 siswa yang memiliki nilai teringgi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam memiliki modalitas belajar yang beragam, 10 siswa memiliki modalitas belajar auditorial, 9 siswa memiliki modalitas belajar visual dan 2 siswa memiliki modalitas belajar kinestetik.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Tsaniah, R. ., Sirozi, M. ., & Isnaini, M. . (2022). Preferensi Modalitas Belajar Visual Auditorial Kinestetik (VAK) Siswa Berprestasi di MTs Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1501–1511. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8409