Pengaruh Model Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manfaat Energi di Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar

Authors

  • Fitri Venny Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8365

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Quasi ekperimen dengan rancangan penelitian True Experimental tipe pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model problem solving terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 sumber energi subtema 2 manfaat energi di kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari ditemukannya  hasil dari uji hipotesis atau Uji T dan Uji Paired Sample T Test terlihat dengan signifikansi  sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model problem solving Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Gaol, F. V. L. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. . A. . (2022). Pengaruh Model Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manfaat Energi di Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1226–1238. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8365