Pengaruh Model Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 Kelas Iv Sdn 122347 Pematangsiantar

Authors

  • Apriyani Apriyani Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar
  • Radode Kritianto Simarmata Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8297

Abstract

Penelitian ini dilakukan peneliti di SDN 122347 Pematangsiantar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi, untuk dapat meningkatkan hasil belajar tersebut dilakukan penerapan Model Air (Auditory, Intellectualy, Repetition). Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Quasy Experimental Design dengan bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest –Posttest Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Tes, Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 1. Terdapatnya pengaruh dapat dilihat pada hasil belajar siswa terdapatnya peningkatan nilai, dimana pre test diperoleh rata-rata 52%.  Sedangkan pada post test di peroleh nilai 86 %. Jadi dapat disimpulkan penerapan Model AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) terdapat nya pengaruh hasil belajar siswa makin meningkat, sedangkan pada pembelajaran konvensional  tidak menerapkan model AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) sehingga pembelajaran kurang efektif

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Apriyani, A., Purba , N. ., & Simarmata, R. K. (2022). Pengaruh Model Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 Kelas Iv Sdn 122347 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1171–1180. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8297