Analisis Pengetahuan Metakognisi Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Reflektif Pada Pemecahan Masalah Matematika Di Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8285Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana pengetahuan metakognisi siswa dengan gaya belajar reflektif dalam pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 24 Kerinci. (2) Apa kesulitan-kesulitan siswa dengan gaya belajar reflektif pada pemecahan masalah matematika materi system persamaan linear dua variable di SMP negeri 24 Kerinci. (3) adakah hubungan atau kaitan antara pengetahuan metakognisi siswa yang gaya belajar reflektif dengan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 24 Kerinci. Pengetahuan metakognisi yang diamaksud adalah Pengetahuan deklaratif, penegtahuan procedural, dan pengetahuan kondisional. Tahapan pemecahan masalah yang dimaksud adalah memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan menelaah kembali jawaban. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika juga telah melalui tahapan menjawab pertanyaan pada setiap indikator pengetahuan metakognitif, sehingga mengarah pada kesimpulan bahwa mereka memiliki pengetahuan metakognitif yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah matematika. Siswa tersebut juga telah memenuhi indikator pengetahuan metakognitif dalam menyelesaikan masalah matematika. (2) Siswa dengan gaya belajar reflektif terkadang kesulitan memecahkan masalah matematika karena kurangnya pengetahuan tentang strategi, membuat kesalahan saat memformulasikan dari bentuk matematika, dan menggunakan taktik yang tidak akurat. (3) Keterkaitan atau hubungan antara pengetahuan metakognitif siswa dengan gaya belajar reflektif dalam memecahkan masalah matematika, khususnya pengetahuan metakognitif akan mengarahkan siswa untuk memilih pendekatan atau strategi yang tepat untuk digunakan dalam memecahkan kesulitan matematika Kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika akan dipengaruhi oleh pengetahuan metakognitif mereka.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Gunawan, . R. G. ., & Mudjiran, . M. (2022). Analisis Pengetahuan Metakognisi Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Reflektif Pada Pemecahan Masalah Matematika Di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 920–927. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8285
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rilla Gina Gunawan, Mudjiran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).