Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 10 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Eliyanora Eliyanora Sekolah Dasar Negeri 10 Koto Balingka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8210

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran matematika pada suatu kelas yaitu kelas IV. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini direncanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Secara umum menurut. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 10 Koto Balingka. Hal ini dapat dilihat dari (1) kemampuan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan matematika, (2) kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dan sitematis, dan (3) ketuntasan belajar yang semula hanya 50% pada sikkus I meningkat menjadi 88,8% pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan metode inkuiri perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Eliyanora , E. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 10 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 624–628. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8210