Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di Kelas V SD Negeri 124394 Kota Pematangsiantar

Authors

  • Oshin Agustin Simatupang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema 2 Manusia dan Lingkungan pembelajaran 1,2 dan 3 di kelas V SD Negeri 124394 Kota Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test design. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 124394 dengan jumlah kelas eksperimen 25 siswa dan jumlah kelas kontrol 23 siswa. Sebelum pre-test dan post-test dilaksanakan terlebih dahulu diujicobakan dahulu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Berdasarkan tabel paired sample test diketahui terdapat hasil perbandingan pre-test dan post-test kelompok eksperimen thitung (20.104). pada kelompok kontrol thitung (-10.297). Ada  terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa jumlah populasi totalnya sebesar 48 sehingga ttabel adalah 2.010 dengan taraf signifikan 0,05. Sehingga dari hasil uji t terdapat 20.104>2.010 bahwa thitung>ttabel ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan Ha dapat diterima.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Simatupang, O. A. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di Kelas V SD Negeri 124394 Kota Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 467–481. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8185